HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN DENGAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ULANG DI BPM KORIAWATI TAHUN 2017

Ni Ketut Noriani, M.Kes, Ni Made Nurtini, M.Kes, Putu Riza Kurnia Indriana, M.Kes

Abstract


Peningkatan jumlah penduduk merupakan salah satu permasalahan global yang muncul di seluruh dunia, di samping isu tentang global warming, keterpurukan ekonomi, masalah pangan serta menurunnya tingkat kesehatan penduduk. Jumlah penduduk yang besar tanpa disertai dengan kualitas yang memadai, justru menjadi beban pembangunan dan menyulitkan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi akseptor KB suntik 3 bulan dengan kepatuhan  kunjungan ulang di BPM Koriawati Tahun 2017. Dimana menggunakan  jenis penelitian analitik dengan observasi dan pendekatan cross sectional.  Hasil menunjukkan dari 19 responden, 10 (52,6%) responden memiliki motivasi tinggi, (63,2%) responden memiliki pengetahuan tinggi, dan menunjukkan bahwa 12 (63,2 %) responden memiliki tingkat   kepatuhan untuk  kunjungan ulang.

Keywords


Kepatuhan Kunjungan, Motivasi, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta. BKKBN. 2008.

BKKBN. (2013). Hasil Pelaksanaan Subsistem Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta

Informasi Pelayanan Kesehatan.Jakarta Hartanto, Hanafi. 2004. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi, Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan. Niven, N. 2002.

Psikologi Kesehatan. Jakarta : EGC. Notoatmodjo, Soekidjo 2005. Konsep dan Penetapan Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi revisi. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Notoatmodjo, Soekidjo. 2003.

Nursalam. (2015). Manejemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional (5th ed.). Jakarta: Penerbit Selemba Medika.

Pinem., S. (2009). Kesehatan Reproduksi & Kontrasepsi. Jakarta: CV. Trans Info Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.37294/jrkn.v3i2.168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.