POLA PEMBERIAN ASI PADA IBU NIFAS PADA PERIODE EARLY POST PARTUM DI KOTA DENPASAR

Ni Made Rai Widiastuti, ayuk widiani

Abstract


Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola pemberian ASI pada ibu pasca melahirkan saat periode minggu pertama setelah melahirkan di Kota Denpasar.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional Study, sampel penelitian sebanyak 30 responden yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Timur dan Puskesmas Pembantu Dauh Puri. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dengan mengikuti dari nifas hari pertama sampai nifas satu minggu

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar responden memiliki pandangan budaya dan kepercayaan yang baik dalam menyusui yaitu 25 (83,3%), sebagian besar responden mendapatkan dukungan suami yang baik dalam proses menyusui yaitu 22 (73,3%), dan sebagian besar responden memberikan ASI saja pada bayinya yaitu 24 (80%).

Kesimpulan: Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagian besar responden memiliki pandangan budaya dan kepercayaan yang baik dalam menyusui, sebagian besar responden mendapatkan dukungan suami yang baik dalam proses menyusui dan sebagian besar responden memberikan ASI saja pada bayinya.


Keywords


kebidanan; kesehatan; stikes bali

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. 2017. Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016. Kemenkes RI: Jakarta

Maesaroh, S. 2018. Gambaran Determinan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu dengan Usia 6 – 24 bulan. Jurnal Aisyah Vol. 3, No 1 Juni 2018, pp 9-16.

Mursyida, Wadud. 2013. Hubungan umur dan Paritas dengan pemberian ASI Eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan di Puskesmas Pembina Palembang Tahun 2013. Jurnal Poltekkes Palembang

Notoadmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Perinasia. 2010. Program Manajemen Laktasi. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Rathmaliza, S. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Salah Satu Desa di Kabupaten Tanggamus. Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang.

Saleha S. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika.

Setyawati, M. 2018. Hubungan Antara Pengetahuan Ibu dan Penghasilan Keluarga dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Mubune Kabupaten Minahasa Utara.

Soetjiningsih. 2010. Tumbuh Kembang Balita dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Sopiyani, L. 2016. Hubungan antara Dukungan Sosial (Suami) dengan Motivasi Memberikan ASI Eksklusif pada Ibu-ibu di Kabupaten Klaten.

UNICEF. 2013. Improving child nutrition, the achievable imperative for global progress. New York: United Nations Chilren’s Fund.

Yulianah N, dkk. 2013. Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Kepercayaan Ibu dengan Pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Puskesmas Bonto Cano Kabupaten Bone Tahun 2013. Skripsi Bone: Universitas Hasanuddin.




DOI: http://dx.doi.org/10.37294/jrkn.v3i2.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.